ASKEP HIPOPARATIROIDISME PDF

June 19, 2020   |   by admin

ASKEP ANGIOFIBROMA NASOFARING Uploaded asuhan- Hipoparatiroidisme. docx. Oleh SGD A7Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Copyright © Wondershare Software 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN GANGGUAN SISTEM ENDOKRIN PADA . Dengan Sistem endokrin pada kelenjar paratiroid (hipoparatiroid). Oktober.

Author: Shakajin Grokus
Country: Brazil
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 22 April 2017
Pages: 330
PDF File Size: 2.5 Mb
ePub File Size: 6.32 Mb
ISBN: 464-4-78203-519-5
Downloads: 76935
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tazil

Askep Katarak Home Askep Katarak. Askep Katarak Kongenital kongenital. Askep Katarak Dan Glaukoma askep katarak. Makalah Askep Katarak askep. Askep Katarak Pada Lansia. Askep Pada Pasien Katarak askep. Askep Katarak Jenis nipoparatiroidisme yang paling sering ditemukan adalah katarak senilis dan katarak senilis ini merupakan proses degeneratif kemunduran. Perubahan yang terjadi bersamaan dengan presbiopi, tetapi disamping itu juga menjadi kuning warnanya dan keruh, yang akan mengganggu pembiasan cahaya.

Walaupun disebut katarak senilis tetapi perubahan tadi dapat terjadi pada umur pertengahan, pada umur 70 tahun sebagian individu telah mengalami perubahan lensa walau mungkin hanya menyebabkan sedikit gangguan penglihatan.

Hipoparafiroidisme Katarak Senilis 2. Penyakit mata lain Uveitis 4. Penyakit sistemik DM 5. Defek kongenital salah satu kelainan herediter sebagai akibat dari infeksi virus prenatal, seperti German Measles Patofisiologi Katarak Anatomi Mata Lensa yang normal adalah struktur posterior iris yang jernih, transparan, berbentuk seperti kancing baju, mempunyai kekuatan refraksi yang besar.

Lensa mengandung tiga komponen anatomis.

Pada zona sentral terdapat nukleus, di perifer ada korteks, dan yang mengelilingi keduanya adalah kapsula anterior dan posterior. Dengan bertambahnya usia, nukleus mengalami perubahan warna menjadi coklat kekuningan.

Di sekitar opasitas terdapat densitas seperti duri di anterior dan poterior nukleus. Opasitaspada kapsul poterior merupakan bentuk aktarak yang paling bermakna seperti kristal salju. Perubahan fisik dan kimia dalam lensa mengakibatkan hilangnya transparansi. Perubahan dalam serabut halus multipel zonula yang memaenjang dari badan silier ke sekitar daerah di luar lensa. Perubahan kimia dalam protein lensa dapat menyebabkan koagulasi, sehingga mengabutkan pandangan dengan menghambat jalannya cahaya ke retina.

Askep hipoPARAtiroidisme hiperPARAtiroidisme

Salah satu teori menyebutkan terputusnya protein lensa normal disertai influks air ke dalam lensa. Proses ini mematahkan serabut lensa yang tegang dan mengganggu transmisi sinar. Teori lain mengatakan bahwa suatu enzim mempunyai peran dalam melindungi lensa dari degenerasi. Jumlah enzim akan menurun dengan bertambahnya usia dan tidak ada pada kebanyakan pasien yang hipoparatirodisme katarak.

Katarak bisa terjaadi bilateral, dapat disebabkan oleh kejadian trauma atau sistemis diabetes tetapi paling sering karena adanya proses penuaan yang normal. Faktor yang paling sering berperan dalam terjadinya katarak meliputi radiasi sinar UV, obat-obatan, alkohol, merokok, dan asupan vitamin antioksidan yang kurang dalam jangka waktu yang lama. Manifestasi Klinik Katarak Katarak Katarak didiagnosis terutama dengan gejala subjektif.

Biasanya klien melaporkan penurunan hipoparatroidisme penglihatan dan silau serta gangguan fungsional sampai derajat tertentu yang diakibatkan oleh kehilangan penglihatan tadi. Temuan objektif biasanya meliputi pengembunann seperti mutiara keabuan pada pupil sehingga retina tak akan tampak dengan oftalmoskop. Ketika lensa sudah menjadi opak, cahaya akan dipendarkan dan bukannya ditransmisikan dengan tajam menjadi bayangan terfokus pada retina. Hasilnya adalah pendangan menjadi kabur atau redup, mata silau yang menjengkelkan dengan distorsi bayangan dan susah melihat di malam hari.

Pupil yang normalnya hitam akan tampak abu-abu atau putih. Pemeriksaan Diagnostik Katarak 1. TIO 12 — 25 mmHg 4. Pengukuran Gonioskopi membedakan sudut terbuka dari sudut tertutup glukoma. EKG, kolesterol serum, lipid 9. Pembedahan diindikasikan bagi mereka yang memerlukan penglihatan akut untuk bekerja ataupun keamanan.

  ENTREVISTA INDIO SOLARI ORSAI PDF

Askep Katarak – PDF Free Download

Ada 2 macam teknik pembedahan ; 1. Ekstraksi katarak hiloparatiroidisme Adalah pengangkatan seluruh lensa sebagai satu kesatuan. Mikroskop digunakan untuk melihat struktur mata selama pembedahan. Pengkajian Keperawatan Katarak 1. Resiko tinggi terhadap cedera berhubungan dengan kehilangan vitreus, perdarahan intraokuler, peningkatan TIO ditandai dengan: Menyatakan pemahaman terhadap faktor yang terlibat dalam kemungkinan cedera.

Observasi hifema dengan senter sesuai indikasi. Meningkatkan ketajaman penglihatan dalam batas situasi individu, mengenal gangguan sensori dan berkompensasi terhadap perubahan. Klien menunjukkan pemhaman tentang kondisi, proses penyakit dan pengobatan. Melakukan dengan prosedur benar dan menjelaskan alasan tindakan. Daftar Pustaka Doenges, Marilyan E. Batasi aktifitas hipoparatiroieisme menggerakan kepala tiba-tiba, menggaruk mata, membongkok.

Dorong nafas dalam, batuk untuk menjaga kebersihan paru. Anjurkan menggunakan tehnik manajemen stress. Pertahankan perlindungan mata sesuai indikasi. Minta klien membedakan antara ketidaknyamanan dan nyeri tajam tiba-tiba, Selidiki kegelisahan, disorientasi, gangguan balutan.

Sebab kebutaan menyebabkan kualitas sumber daya manusia rendah. Hal ini berdampak pada kehilangan produktifitas serta membutuhkan biaya untuk rehabilitasi dan pendidikan orang buta. Angka ini menempatkan Indonesia pada urutan pertama dalam masalah kebutaan di Asia dan nomor dua di dunia pada masa itu. Aske; satu penyebab kebutaan adalah katarak. Pandangan mata yang kabur atau hkpoparatiroidisme bagaikan melihat melalui kaca mata berembun, ukuran lensa kacamata yang sering berubah, penglihatan ganda ketika mengemudi di malam harimerupakan gejala katarak.

Tetapi di siang hari penderita justru merasa silau karena cahaya yang masuk ke mata terasa berlebih. Begitu besarnya resiko masyarakat Indonesia untuk menderita katarak memicu kita dalam upaya pencegahan.

Askep hipoPARAtiroidisme hiperPARAtiroidisme – PDF Free Download

Dengan memperhatikan gaya hidup, lingkungan yang sehat dan menghindari pemakaian bahanbahan kimia yang dapat merusak akan membuta kita terhindar dari hpioparatiroidisme jenis penyakit dalam stadium yang lebih berat yang akan menyulitkan upaya penyembuhan. Sehingga kami sebagai mahasiswa keperawatan memiliki solusi dalam mencegah dan menanggulangi masalah katarak yakni dengan memberikan sebuah raangkuman makalah tentang katarak sebagai bahan belajar dan pendidikan bagi mahasiswa keperawatan.

Mahasiswa mampu dan mengerti tentang katarak 2. Katarak merupakan keadaan patologik lensa dimana lensa menjadi keruh akibat hidrasi cairan lensa atau denaturasi protein lensa, sehingga pandangan seperti tertutup air terjun atau kabut merupakan penurunan progresif kejernihan lensa, sehingga ketajaman penglihatan berkurang Corwin, Definisi lain katarak adalah suatu keadaan patologik lensa di mana lensa rnenjadi keruh akibat hidrasi cairan lensa, atau hipopqratiroidisme protein lensa.

Kekeruhan ini terjadi akibat gangguan metabolisme normal lensa yang dapat timbul pada berbagai usia tertentu Iwan, Lensa mata merupakan bagian jernih dari mata yang berfungsi untuk menangkap cahaya dan gambar. Retina merupakan jaringan yang berada di bagian belakang mata, bersifat sensitive terhadap cahaya. Tetapi bila jalan cahaya tertutup oleh keadaan lensa yang katarak maka impuls tidak akan dapat diterima oleh otak dan tidak akan bisa diterjemahkan menjado suatu gambaran penglihatan yang baik.

Katarak biasanya terjadi bertahap selama bertahun-tahun dan ketika katarak sudah sangat memburuk lensa yang lebih kuat pun tidak akan mampu memperbaiki penglihatan. Orang dengan katarak secara khas selalu mencari cara untuk menghindari silau yang berasal dari cahaya yang salah arah.

  BADZMY POWAZNI NA SERIO PDF

Askep Katarak

Misalnya dengan mengenakan topi berkelapak lebar atau kaca mata hitam dan menurunkan pelindung cahaya saat mengendarai mobil pada siang hari. Katarak dapat diklasifikasikan menurut umur penderita: Katarak Kongenital, sejak sebelum berumur 1 tahun sudah terlihat disebabkan oleh infeksi virus yang dialami ibu pada saat hipolaratiroidisme kehamilan masih dini Farmacia, Katarak kongenital adalah katarak yang mulai terjadi sebelum atau segera setelah lahir dan bayi berusia kurang dari 1 tahun.

Katarak kongenital merupakan penyebab kebutaan pada bayi yang cukup berarti terutama akibat penanganannya yang kurang tepat. Katarak kongenital sering ditemukan pada bayi yang dilahirkan oleh ibu-ibu yang menderita penyakit rubela, galaktosemia, homosisteinuri, toksoplasmosis, inklusi sitomegalik,dan histoplasmosis, penyakit lain yang menyertai katarak kongenital biasanya berupa penyakit-penyakt herediter seperti mikroftlmus, aniridia, koloboma iris, keratokonus, iris heterokromia, lensa ektopik, displasia retina, dan megalo kornea.

Untuk mengetahui penyebab katarak kongenital diperlukan pemeriksaan riwayat prenatal infeksi ibu seperti rubela pada kehamilan trimester pertama dan pemakainan obat selama kehamilan. Kadang-kadang terdapat riwayat kejang, tetani, ikterus, atau hepatosplenomegali pada ibu hamil.

Bila katarak disertai uji reduksi pada urine yang positif, mungkin katarak ini terjadi akibat galaktosemia. Sering katarak kongenital ditemukan pada bayi prematur dan gangguan sistem saraf seperti retardasi mental.

Pemeriksaan darah pada katarak kongenital perlu dilakukan karena ada hubungan katarak kongenital dengan diabetes melitus, fosfor, dan hipiparatiroidisme. Pada pupil bayi yang menderita katarak kongenital akan terlihat bercak putih atau suatu leukokoria. Katarak Juvenil, Katarak yang lembek dan terdapat pada orang muda, yang mulai terbentuknya pada usia kurang dari 9 tahun dan lebih dari 3 bulan.

Katarak juvenil biasanya merupakan kelanjutan katarak hipopaartiroidisme. Katarak juvenil biasanya merupakan penyulit penyakit sistemik ataupun metabolik dan penyakit lainnya 2.

Katarak Senil, setelah usia 50 tahun akibat penuaan. Katarak senile biasanya berkembang lambat selama beberapa tahun, Kekeruhan lensa dengan nucleus yang mengeras akibat usia lanjut yang biasanya mulai terjadi pada usia lebih dari 60 tahun. Ilmu Penyakit Mata, ed. Pada stadium awal katarak insipien kekeruhan lensa mata masih sangat minimal, bahkan tidak terlihat tanpa menggunakan alat hipoparatiroirisme.

Pada saat ini seringkali penderitanya tidak merasakan keluhan atau gangguan pada penglihatannya, sehingga cenderung diabaikan. Kekeruhan mulai dari tepi ekuator berbentuk jeriji menuju korteks anterior dan posterior katarak kortikal.

Vakuol mulai terlihat di dalam korteks. Katarak sub hipoparagiroidisme posterior, kekeruhan mulai terlihat anterior subkapsular posterior, celah terbentuk antara serat lensa dan dan korteks berisi jaringan degenerative benda morgagni pada katarak insipient kekeruhan ini dapat menimbulkan poliopia oleh karena indeks refraksi yang tidak sama pada semua bagian lensa.

Bentuk ini kadangkadang menetap untuk waktu yang lama. Katarak Lensa Mata Keruh, ed. Pada stadium yang lebih lanjut, terjadi kekeruhan yang lebih tebal tetapi tidak atau belum mengenai seluruh lensa sehingga masih terdapat bagian-bagian yang jernih pada lensa. Pada stadium ini terjadi hidrasi kortek yang mengakibatkan lensa menjadi bertambah cembung. Pencembungan lensa akan mmberikan perubahan indeks refraksi dimana mata akan menjadi mioptik.